Makna Syahadat

1 April 2013

بسم الله الرحمان الرحيم
Saudaraku rahimakumullah,
Sudah kita ketahui bahwa syarat seorang disebut muslim adalah menjalankan rukun islam, dan rukun islam yang   paling utama adalah syahadat "laa ilaha illallah, muhammadar rasulullah". inilah syarat utama untuk menjadi seorang muslim. Akan tetapi apakah sekedar hanya mengucapkannya saja lantas menjadi seorang muslim? Tentunya tidak, karena kalimat ini mengandung konsekuensi di baliknya, yang setiap muslim harus meyakininya dalam hati dan direalisasikan dalam bentuk 'amalan -lisan ataupun perbuatan-. Untuk dapat merealisasikan ini kita harus mengerti apa makna syahadat itu sendiri. Berikut adalah makna syahadat yang dijelaskan oleh seorang ulama.

Berkata Syaikh Ibnu Baz:
Penjelasan tentang lima rukun Islam. Yang pertama dan merupakan rukun yang paling agung, yaitu syahadat (persaksian) bahwa tidak ada ilah selain Allah dan Muhammad adalah Rasul Allah. Diikuti dengan penjelasan makna dan syarat-syarat Laailahaillallah.
Makna Laailaha (tiada ilah): meniadakan semua yang disembah selain Allah, ilallah (kecuali Allah): menetapkan ibadah hanya untuk Allah satu-satu-Nya tiada sekutu bagi-Nya.
Syarat Laailahaillallah ialah: ilmu yang menghilangkan kebodohan, keyakinan yang menghilangkan keraguan, ikhlas yang menghilangkan syirik, kejujuran yang menghilangkan kebohongan, cinta yang menghilangkan kebencian, ketaatan yang menafikan pembangkangan, menerima yang menafikan penolakan, serta mengingkari apa yang disembah selain Allah.
Semua syarat di atas terkumpul dalam dua bait berikut:
“Ilmu, yakin, ikhlas, kejujuran,
Bersama cinta, taat, dan menerima.
Ditambah untuk yang kedelapan dengan pengingkaranmu terhadap sesuatu yang bukan ilah dan telah dipertuhankan.”
Beserta penjelasan tentang syahadat (persaksian) bahwa Muhammad adalah Rasul Allah. Tuntutannya ialah membenarkan apa yang Beliau kabarkan, menaati apa yang beliau perintahkan, manjauhi apa yang beliau larang, dan tidak menyembah Allah kecuali dengan syarat (ajaran) Allah dan Rasul-Nya.
(Di Ambil dari buku Syarah Ad Durusil Muhimmah li Ammatil Ummah, Cahaya Tauhid Press)
(Dikutip dari  : www.salafy.or.id)

About Sivitas Aktivita Islamika

Terimakasih telah berkunjung di Blog Sivitas Aktivita Islamika Delayota, semoga artikel dalam blog ini berguna bagi kita semua, syukron
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment