Agar Berkah Menuntut Ilmu



            Assalamu’alaikum teman-teman yang in syaa Allah selalu dirahmati Allah SWT. :)
            Dalam postingan kali ini, mungkin ada yang berpikir, kenapa ya judul yang ditulis “Agar Berkah Menuntut Ilmu”? Sehingga karenanya, menjadi daya tarik,”memang seperti apa menuntut ilmu yang membawa keberkahan?” Dan bisa jadi itulah yang membuat kalian berada di sini. Alhamdulillaah. 
            Nah, ada satu hal yang sebenarnya menjadi jawaban dari kedua pertanyaan tersebut. Bahwa, keberkahan itu didapat selain karena ridhoNya—yang pasti—karena kali ini kita akan belajar menuntut ilmu dari bagaimana Rasulullah menuntut ilmu. Sehingga in syaa Allah bermanfaat dan berkah, jadi selamat membaca dan mengaplikasikannya! 

            Sebelumnya, yukyuk kita membaca do’a dahulu—do’a menuntut ilmu. 

DO’A AGAR CEPAT MEMAHAMI ILMU
...
            Rabbisy-rohlii shadrii wa yassirlii amrii wahlul ‘uqdatan mil lisaanii yafqahuu qawli.
            “Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (Q.S. Thaahaa: 25-28)

DO’A SEBELUM UJIAN
...
            Robbanaa aatinaa mil ladunka rahmah, wa hayyi lanaa min amrinaa rasyadaa.
            “Ya Allah, Tuhan kami, berilah kami di sisi-Mu suatu rahmat, dan persiapkan kami mengenai urusan kami dengan petunjuk-Mu.”

AGAR BERKAH MENUNTUT ILMU

11.      Kita harus meyakini, bahwa setiap muslim wajib menuntut ilmu
Anas bin Malik r.a. mengatakan, Rasulullah SAW bersabda, “Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap musllim.”
22.      Mencari ilmu lebih baik dibandingkan shalat 1000 rakaat
Abu Dzar r.a. menceritakan, Rasulullah SAW bersabda, “Hai Abu Dzar, jika engkau pergi lalu mempelajari satu ayat dari kitab Allah adalah lebih baik bagimu daripada kamu shalat seratus rakaat. Jika engkau pergi lalu mempelajari suatu bab ilmu yang dapat diamalkan adalah lebih baik bagimu dibandingkan kamu shalat seribu rakaat.” (HR Ibnu Majah)
33.      Apabila tidak tahu, ingat, pertanyaan pun juga ilmu
“Pertanyaan yang baik itu adalah sebagian dari ilmu.” (HR Ad-Dailami)
44.      Alhamdulillah, belajar ilmu itu menghapus dosa
“Belajar ilmu itu menghapus dosa-dosa besar dan belajar Al-Qur’an itu menambah pengertian akan Al-Qur’an.” (HR Ad-Dailami)
55.      Naudzubillahimindzalik, ada pencari ilmu yang tak dapat mencium bau surga
“Barang siapa mempelajari suatu ilmu bertujuan memperoleh kekayaan dunia, padahal seharusnya dengan ilmu itu mencari ridha Allah, maka pada hari kiamat kelak dia tidak akan mencium bau surga.” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad, dan Ibnu Hibban)
66.      Kelebihan orang berilmu!
Abu Darda r.a. mengatakan, Rasulullah SAW bersabda, “Kelebihan orang yang berilmu dari orang yang beribadah (yang bodoh) bagaikan kelebihan bulan pada malam bulan purnama dari semua bintang-bintang yang lain.” (HR Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah)
77.      Derajat orang berilmu, lebih tinggi
“Kelebihan orang berilmu dibandingkan dengan abid (seorang ahli ibadah) adalah tujuh puluh derajat.” (HR Ashbihaai)
88.      Anjuran menghormati orang yang berilmu
Abu Musa r.a. mengabarkan, Rasulullah SAW bersabda, “Yang termasuk mengagungkan Allah adalah menghormati seorang muslim yang sudah tua; penghafal Al-Qur’an yang tidak sombong dan tidak berlaku maksiat; serta penguasa yang berlaku adil.” (HR Abu Dawud)
99.      Anjuran menghormati orang tua
“Bukanlah termasuk umatku orang-orag yang tidak menghormati sesama muslim yang lebih tua; tidak menyayangi sesama muslim yang lebih muda; dan tidak menghormati orang-orang yang berilmu.” (HR Ahmad dan Thabrani)
110.  Hati-hati! Berilmu, tak boleh menjerumuskan kita, walau tanpa sadar, yaitu sombong
Ubay bin Kaab r.a. mengungkapkan Rasul SAW menceritakan, bahwa Musa a.s. berkhutbah di tengah Bani Israil, lalu ada yang bertanya, “Siapakah manusia yang paling berilmu?” Nabi Musa a.s. menjawab, “Aku yang paling berilmu.” Lalu Rasul SAW bersabda, “Maka Allah mencelanya, karena Musa tidak dapat mengembalikan ilmu itu kepada-Nya.” (HR Bukhari Muslim dan Muslim)
111.  Yuk, jadikan ilmu kita ilmu yang bermanfaat!
Abu Umamah r.a. mengabarkan, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah, para malaikat-Nya, serta semua penghuni langit dan bumi termasuk semut dalam lubangnya dan ikan-ikan sungguh semuanya mendo’akan kebaikan bagi orang-orang yang mengajari.” (HR At-Tirmidzi)
112.  Jangan sembunyikan ilmu kita!
“Barang siapa yang ditanya tentang suatu ilmu pengetahuan. Lalu ia menyembunyikannya, maka Allah akan mengekangnya dengan kekang api neraka kelak pada hari kiamat.” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

            Nah, sekian ya. Semoga apa yang dibagikan bermanfaat, jadi mari kita terus semangat menuntut ilmu dan membagikannya, serta terus berlomba-lomba dalam kebaikan!
            Wassalamu’alaikum :)


About Sonia

Terimakasih telah berkunjung di Blog Sivitas Aktivita Islamika Delayota, semoga artikel dalam blog ini berguna bagi kita semua, syukron
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar :