Subhanallah atau Masya Allah







Assalamu’alaikum teman-teman. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang perbedaan antara kalimat thayyibah “Subhanallah” dengan ungkapan “Masya Allah”. Kita sering mengucapkan kedua hal tersebut, tapi terkadang kita bingung mana yang harus kita ucapkan pada saat keadaan tertentu. Yuk, langsung saja, mari kita belajar.

Ucapan Masya Allah
Masya Allah artinya “ Allah telah berkehendak akan hal itu”. Ungkapan kekaguman kepada Allah SWT dan segala makhluk ciptaan-Nya yang baik dan indah.

Masya Allah diucapkan ketika kita melihat sesuatu yang baik lagi indah. Misalnya kita melihat pemandangan matahari terbit di ujung timur, Pelangi setelah hujan, dsb. Masya Allah diucapkan sebagai rasa syukur kita, dan sebagai pengingat bahwa semua itu adalah kehendak Allah SWT.

Dalam Al-Qur’an surat Al-Kahfi ayat 39 yang artinya:

“Dan mengapa kamu tidak mengucapkan tatkala kamu memasuki kebunmu, ‘Maasya Allah laa quwwata illa billah‘ (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan?”  (QS. Al-Kahfi: 39).


Ucapan Subhanallah
Subhanallah artinya “Maha Suci Allah”. Dengan ucapan Subhanallah menegaskan bahwa Allah SWT Maha Suci dari semua keburukan tersebut.

Subhanallah diucapkan saat kita melihat, mendengar hal-hal yang buruk. Misalnya disaat kita melihat hal-hal yang buruk, mendengar perkataan yang tidak baik, dsb.

Dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 116 yang artinya:

“Dan mereka (orang-orang kafir) berkata, “Allah mempunyai anak.” Maha Suci Allah, bahkan apa yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allah; semua tunduk kepada-Nya. Allah pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia mengatakan kepadanya, “Jadilah.” Lalu jadilah ia.” (QS. Al-Baqarah:116)


Alhamdulillah, semoga dari yang kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada lebihnya itu datang dari Allah SWT, jika ada kurangnya mohon maaf.

Wassalamu'alaikum.

About Unknown

Terimakasih telah berkunjung di Blog Sivitas Aktivita Islamika Delayota, semoga artikel dalam blog ini berguna bagi kita semua, syukron
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment