Gerak Lisan Untuk Menggapai Sholat Khusyu'

Assalamu'alaikum.. 
Bismillahirrahmanirrahim.. 
Posting kali ini akan membahas sedikit tentang sholat khusyu'. Salah satu rahasia dari sholat khusyu' yaitu gerak lisan untuk bacaan sholat.Membaca bacaan sholat di dalam hati dan tidak menggerakkan lisan merupakan suatu kesalahan. Mengapa terjadi shalat ngebut, ruku secepat angin sujud secepat kilat? Ternyata penyebab utamanya adalah karena tidak menggerakkan lisan saat membaca doa! Ya, karena membaca doa yang seharusnya membutuhkan 20 detik jika dengan menggerakkan lisan, tapi dapat dicapai hanya dalam 3 detik saja jika membacanya di dalam hati.  


Membaca doa dengan menggerakkan lisan sampai terdengar telinga sendiri (tidak mengganggu konsentrasi orang lain), selain untuk menghindari shalat ngebut, tentu saja berfungsi untuk mempermudah meraih shalat khusyu. Sebab dengan cara ini, lisan, pendengaran, fikiran dan hati punya “kesibukan” untuk memperhatikan bacaan shalat, sehingga dapat mengurangi gangguan. Bacaan shalat akan lebih mudah dihayati dan lebih syahdu. Jika shalat ngebut, bagaimana mungkin bisa menghayati bacaan?  


Gerakkan lisanmu untuk bacaan shalat sampai terdengar suara, maka, lisan yang menganggur jadi melafadzkan, telinga yang pasif menjadi aktif mendengarkan, fikiran dapat memperhatikan, dan hati bisa menjadi syahdu karena menghayati. 


 Meski banyak kekurangan, materi tentang sholat khusyu' yang sedikit ini semoga bermanfaat. Tidak lupa kami mengharapkan kritik dan saran untuk majunya blog SAI delayota ini. Syukron.. 
Wassalamu'alaikum.. 


 Sumber : http://www.akhmadtefur.com/sholat-khusyu/gerak-lisan-rahasia-menggapai-shalat-khusyu/

About Sivitas Aktivita Islamika

Terimakasih telah berkunjung di Blog Sivitas Aktivita Islamika Delayota, semoga artikel dalam blog ini berguna bagi kita semua, syukron
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment