Buku Perpustakaan Salsabila dan Baitul 'Ilmi (10)


Assalamu'alaikum :) Saudara/i ku, berikut dua dari ratusan buku perpustakaan Salsabila dan Baitul 'Ilmi SMA Negeri 8 Yogyakarta. Bagi seluruh warga Delayota yang ingin meminjamnya, silahkan datang ke perpustakaan Salsabila (akhwat) dan Baitul 'Ilmi (ikhwan). Semoga bermanfaat :) 




Judul : Ringkasan Fiqih Islami
Resensi :

Allah berfirman yang artinya :
"Sungguh bagi kalian pada diri Rasulullah terdapat teladan yang baik". (Al-Ahzab:21)

Rasulullah bersabda :
"Barangsiapa mengada-adakan dalam perkara ini yang bukan berasal dari islam maka itu tertolak." HR. Bukhari dan Muslim

Dalam riwayat Muslim. "Barangsiapa yang mengamalkan suatu perbuatan yang tidak ada padanya perkara kami maka itu tertolak".

Para ulama telah sepakat bahwa "Hukum asal ibadah adalah haram, kecuali ada dalil yang menunjukkannya". Mereka juga memahami konsekuensi dari kalimat syahadat bahwa Muhammad utusan Allah. "Tidak ada ibadah kecuali yang disyari'atkan oleh Rasulullah".

Berdasarkan ini semua, maka wajib bagi kita untuk melandasi amalan ibadah kita dengan ilmu, agar ibadah kita diterima oleh Allah dan itu tentu setelah kita dapat membersihkan diri kita dari segala jenis syirik.
Jadi, seorang muslim memang dituntut untuk ilmiyah, tidak beribadah melainkan setelah mengetahui bahwa itu memang ibadah yang ada dalilnya -meski tidak hafal-, bukan karena ikut-ikutan, latah, gengsi atau sekadar budaya saja.

Imam Bukhari mengatakan: "Ilmu dahulu sebelum perkataan dan perbuatan".
Marilah kita bersama-sama meninggalkan budaya membebek atau taqlid kepada selain Nabi Muhammad SAW. Melalui buku yang ringkas namun lengkap ini insya Allah pembaca akan mendapatkan kemudahan dalam meneladani ibadah Rasulullah karena gaya pemaparannya yang sederhana dan hanya mengacu pendapat yang kuat berdasarkan dalil.





Judul : 60 pertanyaan tentang hukum-hukum haid dan nifas
Resensi :

Saudaraku muslim, risalah ini adalah buah pena dari ayahanda kita, alim rabbani, Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin. Simaklah nasehat dan fatwa dari beliau yang menyejukkan hati. Lalu sampaikan faedah yang telah engkau petik dari risalah ini kepada orang-orang yang engkau cintai. Semoga Allah memberikan taufik kepada mereka semua.

Wahai saudariku musimah, jika engkau tengah mencari jawaban atas problema darah yang engkau alami, maka bacalah lembar demi lembar risalah ini. Semoga Allah memberikan kemudahan dan jalan keluar yang baik bagimu.

Risalah ini ringkas, dan dikemas dalam bentuk tanya jawab yang mudah dimengerti. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kami, engkau, dan saudara-saudara muslim lainnya.

Sebagai pungkasan, kami iringkan doa dan salam untukmu, saudaraku. Barakallahu fiikum.


About Sivitas Aktivita Islamika

Terimakasih telah berkunjung di Blog Sivitas Aktivita Islamika Delayota, semoga artikel dalam blog ini berguna bagi kita semua, syukron
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment