Buku Perpustakaan Salsabila dan Baitul 'Ilmi (11)


Assalamu'alaikum :) Saudara/i ku, berikut dua dari ratusan buku perpustakaan Salsabila dan Baitul 'Ilmi SMA Negeri 8 Yogyakarta. Bagi seluruh warga Delayota yang ingin meminjamnya, silahkan datang ke perpustakaan Salsabila (akhwat) dan Baitul 'Ilmi (ikhwan). Semoga bermanfaat :) 



Judul : Jilbab Wanita Muslimah
Sinopsis :

Akhir-akhir ini banyak bermunculan model dan motif pakaian "jilbab". Bak jamur di musim hujan. Sebut saja seperti "jilbab gaul", "jilbab inneke", "jilbab ratih sang", dan "jilbab munajat". Motifnyapun bermacam-macam. Dari mulai yang terkesan biasa,  berenda, motif payet, sampai diberi berbagai pernak dan aksesoris lainnya. Diantara model pakaian "jilbab" yang disebutkan diatas, yang saat ini banyak digandrungi adalah "jilbab gaul". Yang dimaksud dengan "jilbab gaul" adalah pakaian yang ketat, tipis, atau pendek, yang dipadu dengan kerudung, sehingga kalau dilihat seperti wanita berkerudung tetapi telanjang, karena bentuk lekuk tubuhnya sangat jelas kelihatan. Apakah seperti ini pakaian jilbab yang diajarkan Islam? Bagaimanakah pakaian syar'i yang wajib dipakai wanita muslimah? Dan apa syarat-syarat pakaian yang dapat menutup aurat seorang muslimah?

Dijelaskan di dalam buku ini, bahwa syarat-syarat pakaian jilbab  wanita muslimah yang diperintahkan Allah dan Rasul-Nya adalah menutupi seluruh tubuh selain wajah dan kedua telapak tangan; pakaian tersebut tidak berfungsi sebagai perhiasan; tidak tipis dan sempit (ketat) sehingga terlihat lekuk tubuhnya; tidak diberi parfum; tidak menyerupai pakaian lelaki maupun pakaian wanita  kafir; serta bukan pakaian syuhrah (ketenaran). 

Al-Imam Al-Albani di dalam buku ini berpendapat bahwa wajah dan kedua telapak tangan bukan termasuk aurat, karena beliau memiliki dalil-dalil yang kuat dari Al-Qur'an, As-Sunnah, atsar para Salaf dan pendapat mayoritas ulama. Diantara mereka adalah Aisyah, Ibnu Abbas, Ibnu 'Athiyah, Al-Qurthubi, Al-Hafizh Ibnul Qaththan, Qatadah, Ibnu Muflih Al-Hanbali, Ibnu Hazm, Al-Imam An-Nawawi, Al-Qadhi 'Iyadh, dan ulama lainnya. Bahkan Ibnu Hubairah Al-Hanbali di dalam kitab Al-Ifshah menyatakan bahwa tiga imam madzhab berpendapat bahwa wajah bukanlah aurat. Beliau juga berkata, "Ini juga merupakan pendapat Al-Imam Ahmad dalam satu riwayat." Tetapi jika wajah tersebut diberi make up, sebagai mana dilakukan mayoritas muslimah aktivis dakwah, maka Al-Imam Al-Albani berpendapat wajib untuk ditutup. Al-Imam Al-Albani berusaha memaparkan permasalahan ini secara ilmiah berdasar dalil-dalil valid dari Al-Qur'an, As-Sunnah dan atsar serta praktik amaliah para sahabat wanita Rasulullah. Kalau pembaca membaca semua karya beliau, termasuk buku ini, maka pembaca akan mendapatkan ulasan yang sangat menakjubkan. Semua ini menunjukkan bahwa beliau adalah seorang imam dalam bidang tafsir dan fiqih, sebagaimana pula imam dalam bidang hadits. Semoga Allah merahmati beliau.





Judul : Tuntunan Shalat Musafir
Sinopsis :

Diantara rahmat dan kasih sayang Allah adalah Dia tidak menjadikan syari'at ini sebagai sesuatu yang memberatkan hamba-Nya. Namun Allah telah menjadikan agama-Nya sebagai sesuatu yang mudah untuk diamalkan dan diaplikasikan dalam kehidupan.

Termasuk kemudahan dan kelapangan yang Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya adalah ketika seseorang dalam keadaan musafir. Allah dan Rasul-Nya telah menjelaskan kepada mereka hukum-hukum yang memberi kemudahan bagi mereka dalam melaksanakan ibadah selama dalam perjalanan, baik secara tersurat maupun tersirat agar dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan ibadah hanya untuk Allah.

Di dalam buku kecil ini dipaparkan hukum-hukum seputar tata cara shalat dalam perjalanan. semoga memberi manfaat dan tambahan ilmu bagi setiap orang yang melakukan perjalanan safar.


About Sivitas Aktivita Islamika

Terimakasih telah berkunjung di Blog Sivitas Aktivita Islamika Delayota, semoga artikel dalam blog ini berguna bagi kita semua, syukron
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment