Mengapa Allah menciptakan setan?


Assalamu'alaikum..

Tidak sulit menerima pengertian bahwa diciptakannya tumbuhan dan binatang pasti bermanfaat bagi manusia. Juga diciptakannya jannah, mudah untuk kita mengerti faedahnya. Namun bagaimana dengan diciptkannya setan?

S
ebagaimana makhluk lain, diciptakannya setan tidak mengurangi kemahabijaksanaan Allah. Bahkan semakin mengukuhkannya. Tidak pula, Allah bermaksud menyengsarakan manusia dengan keberadaannya. Lalu apa hikmah diciptakannya setan?

Pertama, kesempurnaan ubudiyah kepada-Nya hanya bisa diperoleh dengan mujahadah dalam memusuhi setan dan antek-anteknya.

“Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (Islam), sesungguhnya telah jelas (perbedaan) antara jalan yang benar dengan jalan yang sesat. Barangsiapa yang ingkar kepada thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui” (QS Al-Baqarah : 256)


Kedua, kisah durhakanya iblis membuat manusia tidak terjerumus ke dalam dosa. Betapa iblis dahulunya taat, lalu terlaknat karena membangkang perintah Allah.

Ketiga, pada penciptaan setan terdapat pelajaran bagi orang yang mau mengambil pelajaran.

Keempat, keberadaan setan membuat seorang hamba mendekatkan diri kepada Allah untuk memohon pertolongan dalam menghadapinya.

Kelima, keberadaan setan justru menunjukkan kemuliaan dan keistimewaan para Nabi dan pengikutnya.

Keenam, keberadaan setan membawa konsekuensi terbukanya lahan amal yang sangat luas.

Ketujuh, adanya setan menjadi ujian bagi manusia untuk membedakan mana yang taat dan mana yang jahat, mana yang mukmin dan mana yang kafir.

“Allah sekali-kali tidak akan membiarkan orang-orang yang beriman dalam keadaan kamu sekarang ini, sehingga Dia menyisihkan yang buruk dari yang baik.........” (QS Ali Imran : 179)

Kedelapan, keberadaan setan membawa konsekuensi bergabungnya sebagian manusia menjadi tentaranya.

“Sesungguhnya setan itu adalah musuh bagi kalian, maka anggaplah ia sebagai musuh. Karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala” (QS Fathir : 6)

Sumber : Ar-risalah

About Sivitas Aktivita Islamika

Terimakasih telah berkunjung di Blog Sivitas Aktivita Islamika Delayota, semoga artikel dalam blog ini berguna bagi kita semua, syukron
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment