Buku Perpustakaan Salsabila dan Baitul 'Ilmi (13)


Assalamu'alaikum :) Saudara/i ku, berikut dua dari ratusan buku perpustakaan Salsabila dan Baitul 'Ilmi SMA Negeri 8 Yogyakarta. Bagi seluruh warga Delayota yang ingin meminjamnya, silahkan datang ke perpustakaan Salsabila (akhwat) dan Baitul 'Ilmi (ikhwan). Semoga bermanfaat :) 


Judul : Indahnya Memaafkan dan Menahan Marah
Resensi :

Mudah dalam memaafkan adalah sikap yang telah demikian langka kita jumpai di masa sekarang. Terlebih kala lisan dan hati tak pernah selaras. Bibir dengan ringan berucap memaafkan, namun di hati  kebencian justru masih berkobar-kobar. Bahkan tak jarang dendam itu berkarat hingga manusia baru merasa puas jika bisa membalas.

Islam yang sarat dengan nilai-nilai kemuliaan tak pelak mengusung sifat pemaaf ini sebagai bagian dari akhlak mulia. Dalam hal ini, Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah sendiri telah demikian banyak merekam teladan Rasulullah dan para Nabi lainnya.

Sehingga seyogyanya sebagai manusia yang penuh dengan kekurangan dan kejelekan ini, kita bersikap mudah dalam memaafkan. Tidak hanya melihat orang lain, namun kita mesti berkaca diri bahwa kita semua sangat berpotensi untuk berbuat kesalahan atau kekhilafan. Maka akhlaq pemaaf merupakan kemuliaan yang mesti kita miliki.




Judul : Sirah Shahabiyah -Kisah Para Sahabat Wanita
Resensi :

Bagi muslimah, menurut sirah kehidupan para shahabiyah adalah sebuah keharusan. Dari sirah itulah seorang muslimah hendaknya bercermin diri. Menghiasi setiap perilakunya dengan jubah kemuliaan sebagaimana para shahabiyah telah mengenakannya. Dari sirah itu pula seorang muslimah hendaknya menatap diri, melayangkan pandangan, menyusuri langkah kehidupan para shahabiyah yang sarat kesahajaan, kelembutan, ketegaran, dan berani. Mereka adalah wanita-wanita yang telah teruji. Turut berkiprah merenda sejarah Islam nan cerah. Sungguh merugi bagi yang tak meneladani mereka.


About Sivitas Aktivita Islamika

Terimakasih telah berkunjung di Blog Sivitas Aktivita Islamika Delayota, semoga artikel dalam blog ini berguna bagi kita semua, syukron
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment